Pendirian Firma

Syarat Pendirian Firma

  • Nama firma
  • Fotokopi KTP dan NPWP lengkap
  • Struktur kepengurusan
  • Maksud & tujuan firma
  • Keterangan kedudukan dan alamat
  • Fotokopi perjanjian sewa kantor (apabila sewa)
  • Surat domisili gedung dan/atau surat keterangan RT/RW atas domisili usaha pernyataan dan kuasa
  • Jumlah setoran modal

Mulai

4 Juta

Tutorial Pendirian Firma

Nama Firma

Aturan penggunaan nama firma tidak seperti ketentuan yang ada di PT, asalkan tetap tidak melanggar hukum dan ketertiban serta kesusilaan, maka nama yang Anda tetapkan sebagai nama firma Anda tetap boleh untuk digunakan. Sebelum mendaftarkan firma, Anda harus menyiapkan nama firma Anda, termasuk juga singkatan firma Anda jika ada. kemudian notaris akan mengecek pada AHU apakah nama firma Anda sudah digunakan oleh firma lain atau belum.

Identitas Pendiri

Anda perlu untuk menyertakan identatas Anda jika ingin mendirikan firma, yang meliputi KTP, NPWP, e-mail, dan nomor telepon.

Struktur Kepengurusan

Sebelum mendaftarkan firma Anda, Anda perlu untuk menyetorkan struktur kepengurusan firma Anda. Struktur kepengurusan tersebut meliputi identitas para pengurus firma serta tanggung jawabnya.

Maksud dan Tujuan Firma

Maksud dan tujuan firma dicantumkan dalam akta pendirian. Maksud dan tujuan firma berfungsi untuk memberikan kejelasan mengenai arah tujuan usaha firma. Maksud dan tujuan firma tidak boleh bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan, ketertiban umum, norma, dan kesusilaan yang berlaku.

Keterangan Kedudukan dan Alamat

Anda perlu untuk menyetorkan kedudukan alamat firma pada formulir pendirian firma. Sebab nantinya, kedudukan firma akan dicatat dalam akta notaris. Alamat dan kedudukan yang ditulis dalam akta pendirian merupakan kantor pusat dari firma Anda.

Fotokopi Perjanjian Sewa Kantor

Apabila kantor yang Anda gunakan untuk firma Anda saat ini menyewa dari pihak lain, maka Anda perlu untuk menyertakan atau melampirkan fotokopi perjanjian sewa kantor Anda.

Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) adalah surat yang menerangkan kedudukan atau domisili yang sah dari sebuah perusahaan. Apabila tidak mempunyai SKDP, maka bisa menggunakan surat keterangan dari RT/RW setempat atas kepemilikan gedung usaha tersebut.

Jumlah Setoran Modal

Modal firma berasal dari setoran yang diterima dari para anggota firma yang sudah disepakati bersama. Besar kecilnya modal dari setiap anggota juga sudah ditetapkan sebelumnya bersama-sama. Jumlah modal ini juga akan tercantum dalam akta pendirian firma, sehingga Anda perlu untuk menuliskan dalam formulir pendirian firma berapa besar modal usaha Anda.

Pernyataan dan Kuasa

Surat pernyataan dan kuasa dibutuhkan ketika Anda berada di luar wilayah kami (Yogyakarta). Dalam hal ini, Anda selaku klien kami, memberikan kuasa kepada staf kantor kami untuk memproses pendirian firma Anda. Untuk draf pernyataan dan surat kuasa Anda tidak perlu khawatir karena draf pernyataan dan surat kuasa sudah kami buatkan, Anda hanya perlu untuk menandatangani surat kuasa tersebut.

Tahap Pengerjaan:

Catatan:

  1. Setelah pembayaran ter-verifikasi, anda diwajibkan untuk melengkapi form dan mengirimkan data yang diperlukan.
  2. Permohonan anda akan diproses sesuai kebutuhan oleh tim ahli sesuai bidangnya.
  3. Draft permohonan anda akan diproses dalam waktu paling lambat 3×24 jam sejak data dinyatakan lengkap.
  4. Pengguna diberikan kesempatan revisi 2x atas draft yang telah dikirimkan dengan ketentuan 1x revisi dibatasi waktu 1×24 jam.
  5. Berkas yang tidak diajukan revisi dalam waktu 2×24 jam dinyatakan telah final dan disetujui.
  6. Revisi akan dikerjakan kembali dengan hasil maksimalĀ  dikirimkan dalam waktu 3×24 jam oleh tim kami.
  7. Produk fisik (Akta Pendirian dan atau Perizinan) dikirimkan melalui alamat terdaftar, apabila surat asli sebagai pelengkap data telah kami terima.
  8. Segala biaya administrasi yang disepakati dalam layanan kami tidak termasuk biaya atas pengiriman-pengiriman surat-surat asli, dan hal tersebut dianggap disetujui oleh pengguna.

Disclaimer

  • Legal2us hanya melakukan pengurusan pada tingkat pendirian, pendaftaran, pengesahan dan penerbitan di Kementerian terkait dan OSS saja.
  • Pelayanan jasa mengenai Izin Usaha, NIB dan OSS dari Badan Usaha maupun Badan Hukum hanya terbatas sepanjang dikeluarkannya izin sebagaimana tersebut dalam Detail Layanan.
  • Pemenuhan izin komitmen lain yang harus dilengkapi dalam sistem bukan merupakan bagian dari jasa kami.